Kelebihan Solar Panel Monocrystaline

By:
Categories: Lampu Solar

Solar panel monocrystaline adalah panel surya yang terbuat dari beberapa silikon yang kemudian dihubungkan secara berseri atau paralel agar membentuk suatu modul surya. Panel Monocrystalline ini dibuat secara perlahan dengan menarik butiran kristal silikon monocrystalline menggunakan metode Czochralski. Selain monocrystalline, adapula panel Polycrystalline. Lantas, apa kelebihan monocrystalline?

Panel monokristal (monocrystalline) adalah panel surya yang paling efisien karena dihasilkan menggunakan teknologi terbaru. Daya listrik yang dihasilkan juga sangat tinggi meskipun memiliki luas permukaan yang tidak begitu besar. Monokristal memang didesain untuk memenuhi kebutuhan  konsumsi listrik dalam jumlah yang besar. Tak hanya itu, panel ini juga sangat cocok dipasang di lokasi yang beriklim ekstrim.

Tingkat efesiensi panel ini bahkan mencapai 15%. Panel monokristal sendiri pada dasarnya terbuat dari silikon tipe kristal tunggal yang bisa ditemukan dari alam atau dibuat di laboratorium. Berdasarkan tingkat efesiensinya, modul monocrystalline mempunyai tingkat efisiensi yang jauh lebih tinggi daripada modul sel polikristalin. Hal ini dikarenakan struktur monokristal dibuat dari kristal yang besar, sementara polikristal terdiri dari beberapa kristal kecil yang disatukan.

Dengan adanya perbedaan tersebut, maka wajar saja jika harga panel polikristal lebih murah dibandingkan dengan monokristal. Hal ini bisa dilihat dari price list yang ditawarkan banyak toko atau produsen panel surya, baik di Jakarta, Surabaya maupun kota-kota besar lainnya. Dimana mereka menjual Solar panel monocrystaline dan Polycrystalline dengan harga yang beragam.

Artikel ini membahas tentang:

  • apa keunggulan tenaga surya mono dibanding poly
  • kelebihan dan kekurangan monocrystalline
  • keunggulan solar panel poly

Your Thoughts

Subscribe via newsletter

Berlangganan via newsletter kami untuk mendapatkan info terbaru & promo melalui email Anda.